Advertisment
MobilOtomotif

10 Tips Merawat Mobil Pasca Mudik Lebaran, Nomor 6 Sering Dilupakan

Advertisement

2 tahun kita kesulitan mudik antar kota dan antar provinsi. Tak heran tahun ini dijadikan momentum bahagia oleh banyak orang yang hidup di perantauan karena akhirnya bisa mudik tanpa hambatan berarti. Pasca mudik lebaran, tentunya ada banyak hal yang perlu kita perhatikan. Selain kesehatan tubuh dan kondisi keuangan, kondisi kendaraan yang kita gunakan untuk mudik juga sebaiknya jangan sampai luput dari pehatian.

Kendaraan yang usai diajak mudik perlu mendapatkan perawatan ekstra. Mudik antar kota biasanya berjarak jaru minimal 200 km. Mobil telah digunakan belasan jam bahkan ikut berdesak-desakan di tol dalam kondisi macet. Penting kiranya bagi para pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan tambahan untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

Merawat mobil pasca mudik adalah suatu keharusan karena hal ini akan menghindarkan mobil dari kerusakan parah yang mungkin terjadi di kemudian hari. Kerusakan yang terjadi mungkin bisa memakan biaya yang jauh lebih besar dengan kerusakan di luar dugaan. Jadi daripada menyesal setelahnya, ada baiknya begitu mobil menyelesaikan tugasnya pasca mudik, yuk segera periksa dan lakukan perawatan terbaik.

Related Articles

Berikut ini hal-hal yang wajib kamu perhatikan untuk merawat mobil pasca mudik lebaran, antara lain:

1.       Ganti oli

Pelumas mesin memiliki peran sangat vital untuk kendaraan. Pelumas berfungsi melindungi mesin saat mesin sedang hidup. Pasca diajak perjalanan jauh, pelumas atau oli kualitasnya berkurang sehingga perlu segera diganti.

Volume oli mesin pada mobil tidak boleh sampai kurang. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan dipstick atau tongkat pengukur. Warna oli yang tidak berubah menandakan oli masih layak digunakan dan tidak ada masalah. Namun jika oli berubah menjadi hitam pekat, itu berate kualitasnya sudah tidak baik. Jika oli berubah menjadi coklat susu artinya oli telah bercampur air.

2.       Periksa Kondisi Rem

Selain oli, kamu juga wajib memeriksa kondisi rem baik itu oli rem maupun kampas rem. Oli atau minyak rem berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja rem. Periksa kondisi minyak rem sesegera mungkin pasca dipakai bepergian jauh. Indikator minyak rem masih layak digunakan atau tidak juga bisa ditunjukkan dengan kondisi kampasnya. Jika kampas rem mulai menipis, tandanya volume minyak rem sudah berkurang.

Pastikan minyak rem tidak mengalami perubahan pada warnanya, juga tidak terdapat endapan lumpur di tabung penyimpanan. Pastikan juga kondisi kampas rem dalam keadaan layak, tidak terjadi kebocoran maupun sobekan. Kondisi rem sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan keamanan berkendara.

3.       Periksa Kondisi Ban

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan berkendara, kondisi ban menjadi hal paling vital berikutnya yang wajib diperhatikan. Setelah digunakan jarak jauh hingga ratusan bahkan ribuan kilometer, kondisi ban mungkin mengalami sejumlah perubahan. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Beberapa hal yang ditekankan adalah tekanan angin serta ketebalan ban. Ketebalan ban harus dalam keadaan standar. Jika dirasa sudah tipis atau tampak ada tonjolan pada permukaannya, itu artinya ban sudah waktunya diganti.

Kondisi ban sangat berkaitan dengan jarak tempuh kendaraan dan jumlah beban atau muatan di dalam mobil. Semakin banyak muatan, semakin ekstra ban mobilmu bekerja. Lakukan pengecekan sesegera mungkin dan pastikan tidak ada kerusakan pada permukaan ban. Ban harus dalam kondisi prima dan tidak ada komponen lain seperti kerikil yang menempel di ban.

4.       Servis kaki-kaki

Lakukan juga pengecekan pada kaki-kaki mobil. Setelah diajak perjalanan jarak jauh, sudah bisa dipastikan kaki-kaki mobilmu bekerja sangat keras. Lakukan pemeriksaan dan servis pada kaki-kaki mobil. Beberapa komponen penting yang harus diperhatikan antara lain bearing, laker, tierod, serta bushing arm. Jika ada komponen yang perlu diganti, jangan ragu untuk melakukan pergantian.

5.       Cuci mobil

Setelah perjanalan jauh mobil biasanya jadi kotor karena banyak terpapar kotoran dan debu. Aktivitas mudik juga tak jarang menempuh medan yang cukup menantang. Jalannya banyak yang tak terurus berbeda jauh dengan mulusnya jalan perkotaan. Cuci bagian eksterior mobil dengan seksama agar menghilangkan kotoran dan debu yang menempel yang akan merusak cat eksterior mobil.

6.       Bersihkan  Kolong Mobil

Membersihkan kolong mobil juga merupakan bagian penting yang seringkali diabaikan. Selain dibersihkan, bagian kolong mobil juga harus diperiksa setiap komponennya. Beberapa komponen yang berada di kolong mobil yang tak boleh luput dari perhatian adalah shock absorber. Pastikan komponen ini dalam kondisi prima dan tidak ada kebocoran. Karet-karet penyangganya juga harus dalam kondisi baik dan tidak robek.

Di bagian kolong mobil juga terdapat selang rem. Pastikan tidak terjadi kebocoran pada selang rem, kampas rem, serta cakram rem. Hal ini sangat penting bagi keselamatan berkendara. Setelah dipastikan semua komponen aman, lakukan pembersihan agar kolong mobil lebih bersih dan terawat.

7.       Periksa Air Radiator

Air radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Pasca mudik lebaran. Kamu juga harus memeriksa kondisi air radiator mobil kamu ya. Pastikan volumenya masih cukup. Cek juga tabung cadangannya. Kamu juga perlu memastikan tidak adanya kebocoran pada selang radiator yang mungkin terjadi karena lontaran batu kerikil di perjalanan mudik.

8.       Periksa Cairan Kendaraan

Di dalam mobil ada berbagai cairan penting yang keberadaannya sangat vital antara lain minyak kopling, air pembersih kaca, air aki, juga oli transmisi. Ada juga minyak yang digunakan untuk power steering hidrolls. Pastikan semua cairan itu dalam volume yang sesuai dengan standar pabrikan untuk menunjang kinerja mobil tetap prima.

9.       Cek Indikator Panel Instrumen Mobil

Kamu juga perlu melakukan pengecekan pada indikator panel mobil. Caranya sangat mudah, tinggal memutar kunci on dan perhatikan indikator panel mobil. Jika indikator terlihat normal dan tidak ada masalah apapun, kamu bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan dengan seksama suara mesin saat hidup, jika tidak ada suara aneh maka kemungkinan besar mesin mobil dalam keadaan baik. Jika dirasa ada suara aneh yang agak mengganggu, sebaiknya segera bawa mobil kamu ke bengkel.

10  Bersihkan Kabin Mobil

Kabin mobil terdiri dari berbagai komponen seperti dashboard, jok mobil, karpet dan atap mobil. Setelah perjalanan jauh biasanya muatan banyak membawa makanan dan berada di mobil dalam waktu yang lama. Lakukan pembersihan menyeluruh di kabin mobil. Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet mobil dari sisa-sisa makanan dan kotoran. Jangan lewatkan juga ronga dan celah-celan kecil di kabin. Pastikan sudah tidak ada kotoran dan sampah yang masih tertinggal.

Itu dia 10 langkah penting merawat mobil pasca digunakan untuk mudik lebaran. Memiliki kendaraan pribadi yang nyaman dan terawat adalah sebuah kebahagiaan. Kita bisa memanfaatkannya kapanpun kita mau, baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Salah satunya, bisa kita pakai untuk bersilaturahmi mengunjungi sanak keluarga di luar kota.

 

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock