Advertisment
MobilOtomotif

Daftar Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Ada Yang Harganya di Bawah 100 Juta

Advertisement

Mobil listrik tengah menjadi tren saat ini di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Saat ini orang beranggapan bahwa mobil listrik dibanderol dengan harga fantastis, ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar. Harga mobil listrik bervariasi mulai ratusan juta hingga milyaran rupiah. Harga yang dibanderol akan bergantung pada tipe, kapasitas baterai, fitur, serta kualitas mobil listrik itu sendiri.

 

Mobil listrik sangat diganderungi saat ini karena dianggap lebih ramah lingkungan ketimbang mobil dengan bahan bakar bensin. Dari segi performa juga katanya lebih nyaman karena tidak bising sama sekali saat dikendarai. Mobil listrik juga lebih simple karena kita bisa mengisi daya di rumah dengan menggunakan alat khusus tanpa perlu antri di pom bensin.

Related Articles

Bicara tentang kelebihan mobil listrik, pastinya tak luput juga kekurangannya. Beberapa komponen mobil listrik bisa dibilang masih sulit ditemukan dan dibanderol dengan harga lumayan tinggi. Salah satu komponen yang harganya cukup mahal adalah baterai serta alat pengisiannya. Harga baterai mobil bahkan diklaim bisa mencapai 60% dari harga total mobil itu sendiri.

Namun bagi para pecintanya, hal ini tak menyurutkan keinginan mereka untuk bisa memiliki mobil listrik yang modern dan ramah lingkungan. Sebagai bahan referensi, di bawah ini kami telah merangkum dari berbagai sumber mobil listrik terbaik dan termurah yang dipasarkan di Indonesia. Simak artikelnya sampai akhir ya.

Nissan Kicks e-Power
Mobil listrik rekomendasi kami yang pertama dating dari pabrikan Nissan. Adalah Nissa Kicks e-Power yang hadir dengan mesin bensin HR12DE dengan kapasitas 1.198 cc, 3 silinder, DOHC, CVTV. Mobil listrik satu ini digadang-gadang merupakan salah satu mobil listrik terbaik dengan harga termurah di Indonesia. Harga on the roadnya mulai 400 jutaan saja.

Nissan Kicks e-Power sebenarnya juga masih membutuhkan bahan bakar bensin. Bensin digunakan untuk menggerakan generator. Generator bekerja untuk mengisi baterai listrik yang akan menggerakkan mobil. Dengan mesin yang disematkan, mobil listrik besutan Nissan ini mampu melaju dengan Tenaga hingga 78 daya kuda pada torsi 103 Nm dengan bahan bakar bensin. Sedangkan mesin listriknya mampu menghasilkan output hingga 128 daya kuda dan torsi 260 Nm

DFSK Gelora E
Berikutnya ada DFSK Gelora E, sebuah mobil listrik pabrikan DFSK. DFSK sendiri merupakan produsen mobil asal negeri tirai bambu, China. Mobil listrik satu ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show Hybrid di tahun 2021 silam.

Diklaim sebagai salah satu mobil listrik termurah di Indonesia, DFSK Gelora E hadir dalam dua varian yaitu Mini Bus (MB) dan Blind Van. Varian minibus memiliki kapasitas 7-seater, sehingga cocok digunakan sebagai mobil keluarga maupun mobil travel. Untuk varian Blind Van, panjang kabin mencapai 2,63 m dan cocok digunakan sebagai pengangkut barang.

DFSK Gelora E dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 42 kWh dan mampu menghasilkan tenaga hingga 80,4 daya kuda dengan torsi 200 Nm. Jika baterainya full, mobil bisa berkendara hingga 300 km. DFSK juga mengklaim mobil satu ini bisa mengisi daya dengan cepat, yaitu hanya 80 menit saja untuk mengisi daya sebanyak 60%. Untuk urusan harga, kamu tak perlu khawatir karena harga on the road nya kurang dari 500 juta per unit. Bagaimana? Apa kamu tertarik?

Hyundai IONIQ

Hyundai IONIQ merupakan mobil listrik pertama besutan Hyundai yang dipasarkan secara resmi di tanai air. Dibekali dengan motor listrik bermagnet permanen, mobil dapat menghasilkan tenaga hingga 134 daya kuda dengan torsi maksimum 295 Nm. Cukup powerful ya untuk ukuran mobil listrik.

Tenaga yang dihasilkan tersebut berasal dari baterai lithium-ion 38,3 kWh yang jika terisi full bisa digunakan untuk memacu kendaraan hingga 373 km. Akselerasinya juga diklaim sangat cepat yakni hanya butuh waktu 9,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam

 Hyundai IONIQ juga diklaim memiliki segudang teknologi canggih dan inovatif. Untuk urusan harga masih dirasa cukup bersahabat. Mengingat segudang fiturnya yang canggih, mobil listrik satu ini dibanderol mulai dari 700 jutaan on the road. Harga ini cukup kompetitif mengingat mobil dengan spesifikasi yang mirip dibanderol dengan harga lebih tinggi. Bagaimana apa kamu tertarik membeli mobil listrik canggih ini?


Nissan Leaf

Nissan Leaf mengusung tema modern dari segi desain seperti kebanyakan mobil listrik lainnya. Nissan secara terang-terangan mengusung tema hatchback 100 persen listrik pada Nissan Leaf. Karakter desain paling menonjol pada mobil listrik satu ini adalah adanya gril berbentuk V yang elegan dan mencuri perhatian.

Nissan Leaf merupakan mobil rakitan Jepang yang telah dibekali baterai dengan daya 40 kWh. Jika kondisi baterai penuh, mobil bisa digunakan untuk melaju hingga 311 km. Jarak tempunya panjang juga ya? Untuk urusan mesin, Nissan Leaf juga cukup bisa diandalkan.

Tak hanya dari segi visual dan performanya saja yang mencuri perhatian, beragam fitur canggih yang disematkan juga cukup memuaskan para penggemarnya. Terdapat sejumlah fitur canggih seperti elektronik pedal, Forward Emergency Braking (FEB), Inteligent Around View (IAVM), Hill Start Assist (HAS) dan masih banyak lagi. Untuk urusan harga, kamu harus bersiap merogoh kocek mulai 650 jutaan jika berniat membelinya.

Hyundai Kona

Satu lagi mobil listrik pabrikan Hyundai yang kami rekomendasikan. Selain memiliki mobil listrik canggih Hyundai IONIQ, Hyundai juga memproduksi mobil listrik yang dinamai Kona EV. Produsen mobil asal Korea Selatan ini membekali Hyundai Kona miliknya dengan mesin tipe permanent magnet Synchronous Motor dengan kapasitas baterai 39.2 kWh. Baterai ini bisa memproduksi output hingga 136 daya kuda dengan torsi maksimal 395 Nm.

Tak hanya dari segi mesinnya saja yang mencuri perhatian karena dinilai cukup bertenaga, Hyundai Kona juga digadang-gadang memiliki fitur terdepan yang unggul di kelasnya. Sejumlah fitur yang bisa kamu nikmati saat berkendara Hyundai Kona antara lain Paddle shifter (for regenerative braking), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Paddle shifter (for regenerative braking), Wireless smartphone charging pad dan sunroof elektrik, tiga mode berkendara, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai kelebihannya, Hyundai membanderol Kona dengan harga kurang dari 700 juta (on the road). Dibanding mobil listrik yang menawarkan fitur dan kecanggihan serupa, harga ini dinilai sangat kompetitif dan relatif lebih murah.

Wuling GSEV

Wuling merupakan merk mobil asa China yang terkenal kerap kali menggendong mesin bertenaga, fitur yang cukup canggih, namun dibanderol dengan harga ramah di kantong. Jika kamu ngebet ingin memiliki mobil listrik tanpa menguras isi tabungan, Wuling GSEV rasa-rasanya bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Pasalnya, mobil listrik satu ini dibanderol dengan harga di bawah 100 jutaan saja di tanah air, lebih tepatnya sekitar 70 jutaan setelah mendapatkan insentif dari pemerintah China. Harganya bisa dibilang jauh lebih murah dibanding mobil dengan bahan bakar fosil ya.

Wuling GSEV merupakan mobil listrik berukuran mungil namun tetap mengusung tema modern dengan desain yang mantap. Mobil ditenagai dengan mesin 27Tk yang berasal dari baterai 13,8 kWh. Pada kondisi baterai terisi penuh, Wulling GSEV bisa dipacu hingga jarak tempuk 170 km. Jauh juga ya, bisa buat perjalanan luar kota lho!

Itu dia daftar mobil listrik termurah dan terbaik di Indonesia. Kendati harganya tidak mencapai milyaran rupiah, performa mesin dan fitur canggihnya tidak bisa diragukan lagi. Setelah membaca artikel ini, kira-kira pilihanmu jatuh pada pabrikan mana nih?

 

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock