Advertisment
MotorOtomotif

Lakukan Langkah Ini Jika Motor Anda Terendam Banjir

Advertisement

Motor Anda Terendam Banjir? – Hujan dapat diprediksikan, tetapi banjir kerap kali susah diterka. Karena banjir tidak semata-mata karena hujan, tetapi juga bisa karena ‘kiriman’ dari wilayah lain. Banjir kiriman berikut yang sering memendam permukiman, terhitung kendaraan.

Kendaraan yang tergenang memang menjadi tugas rumah yang menjengkelkan. Karena membutuhkan tindakan khusus supaya dampak banjir tidak berpengaruh fatal pada mesin. Nach, di bawah ini beberapa langkah pertama kali yang harus kamu kerjakan bila motormu tergenang banjir.

Janganlah lekas nyalakan mesin

Sebentar sesudah motor tergenang, menghidupkan motor malah bisa memacu semua kotoran dari banjir barusan untuk masuk ke ruangan mesin dan pada akhirnya terjadi endapan. Akhirnya, mesin juga lebih beresiko diserang karat dan aus. Lebih bagus didiamkan saja dan melakukan panduan selanjutnya.

Membuka mesinnya, membersihkan!

Bedah semua sisi, seperti busi, penyaring udara, block silinder, dan yang lain. Ini susah untuk dilaksanakan oleh orang pemula, oleh karena itu lebih bagus dorong motor ke bengkel paling dekat untuk lakukan ini.

Arah perombakan ini pasti untuk bersihkan beberapa sisa kotoran dari kubangan air yang telanjur memendam motormu. Rendam memakai cairan khusus penetral, atau semprot beberapa komponen tertentu dengan penekanan angin yang kuat sampai bersih, dan keringkan. Kemudian, buat kembali.

Check dan menguras oli

Kuras oli dan menukarnya sama yang baru harus dilaksanakan jika motor telah telanjur tergenang banjir karena umumnya oli condong telah tercampur sama air. Oli yang telah tercampur ini pasti berbeda tingkat kekentalannya dan dapat tidak pas untuk mesin, yang pada akhirnya bisa menghalangi performa mesin bermotor.

Keringkan elemen listrik

Sesudah elemen mesin dilihat, dibikin bersih, oli ditukar, tahapan setelah itu dengan keringkan elemen listrik. Sama dengan mesin, semua elemen kelistrikan ini perlu dibedah agar secara mudah dikeringkan. Selanjutnya, pasang lagi dan melakukan eksperimen untuk ketahui apa semua masih berperan secara baik.

Check elemen rem

Sesudah semua kelar, yang paling paling akhir dapat dicheck ialah mekanisme pengereman. Elemen rem, seperti kampas yang tergenang banjir umumnya akan lembab, dan jika kering dapat mengeras karena tercampur kotoran.

Untuk menanganinya, bersihkan lebih dulu selanjutnya kerjakan pengujian dengan tekan rem berkali-kali sampai berasa bisa berperan secara baik. Tetapi akan lebih bagus jika kampas dan elemen yang lain selekasnya ditukar sama yang baru untuk kurangi resiko beresiko sepanjang berkendaraan.

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock