Advertisment
MobilOtomotif

Mobil Baru VS Mobil Bekas, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Advertisement

Membeli mobil seringkali membuat bingung. Kita dihadapkan pada sejumlah pilihan. Salah satu yang harus dipertimbangkan dengan seksama adalah membeli baru atau bekas. Baik membeli mobil baru atau mobil bekas sama-sama memberi berbagai keuntungan. Hal ini patut disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial kamu. Untuk membantu kamu membuat pertimbangan, kira-kira mana yang lebih menguntungkan antara membeli mobil baru atau mobil bekas, simak artikel ini sampai akhir ya.

Keuntungan Membeli Mobil Baru

Membeli mobil baru berarti kita sudah siap untuk merogoh kocek lebih dalam. Kendati demikian, sudah bisa dipastikan kita mendapat mobil yang 100% sempurna, tanpa cacat dan kurang satu apapun. Lain halnya dengan membeli mobil bekas yang rentan kekurangan akibat pemakaian. Membeli mobil baru kamu akan dapat barang super mulus.

Related Articles

Mobil baru bisa kamu dapatkan dengan mudah di dealer-dealer mobil terdekat di kotamu. Biasanya mobil baru dijual langsung oleh perusahaan mobil ke dealer setelah melalui tahap quality control yang ketat. Memilih mobil baru juga lebih mudah. Ketika kamu sudah punya budget, kamu hanya perlu menentukan merk apa yang kamu beli. Kamu tidak perlu melakukan pengecekan menyeluruh karena biasanya kualitasnya lebih terjamin. Adapun jika terdapat kekurangan, biasanya masih ada garansi sehingga kamu lebih tenang dan terjamin.

1.       Promo Kredit Rendah Bunga

Membeli mobil baru memberi banyak keuntungan. Salah satunya kamu berkesempatan mendapatkan promo pinjaman kredit dengan bunga rendah yang ditawarkan perusahaan pembiayaan.

Sistem kredit mobil ini ditawarkan kepada masyarakat sebagai solusi pembayaran bagi masyarakat yang layak dengan proses yang cepat dan mudah.

Hal ini juga sangat memudahkan kamu untuk membeli mobil impian tanpa mengeluarkan biaya sekaligus besar. Cicilan dibayar setiap bulan dengan tenor yang berbeda-beda. Beberapa perusahaan pembiayaan bahkan menggratiskan biaya DP (Down payment). Jika kamu beruntung mendapatkan promo cicilan mobil dengan bunga yang rendah, kamu bisa mencicil mobil impian dengan cicilan yang ringan setiap bulannya.

2.       Premi Asuransi Lebih Murah

Resiko kerusakan mobil baru sangatlah kecil karena telah melalui tahap quality control yang ketat. Semua fitur dan fasilitas mobil sudah bisa dipastikan sangat nyaman digunakan. Karena minimnya kerusakan, otomatis premi asuransi jadi lebih murah. Hal ini berdampak positif pada keuangan kamu. Membayar premi asuransi mobil jadi lebih ringan.

3.       Garansi Produsen Lengkap

Garansi merupakan jaminan kualitas yang diberikan produsen kepada konsumennya untuk meyakinkan konsumen. Di sisi lain, ada juga istilah warranty, yaitu sebuah pergantian item pada komponen produk yang mengalami kerusakan jika kerusakan terjadi di masa garansi.

Membeli mobil baru berarti kita mendapatkan jaminan kualitas. Sehingga apabila komponen mobil mengalami kerusakan di masa garansi, komponen tersebut akan diganti secara gratis oleh pihak produsen. Garansi bisa diklaim dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini sangat menguntungkan karena kita jadi terhindar dari biaya-biaya tak terduga.

4.       Fasilitas Servis Gratis

Fasilitas servis gratis menjadi salah satu hal yang sangat menguntungkan jika kamu membeli mobil bekas. Ada layanan servis gratis dengan batasan tertentu. Silakan konsultasikan dengan dealer tempat kamu membeli mobil. Fasilitas ini tentu sangat menguntungkan karena kamu jadi bisa berhemat biaya servis yang nominalnya cukup besar.

Melalui servis gratis kamu jadi bisa memantau kondisi komponen mobil kamu dan terhindar dari kerusakan lebih fatal yang bisa memakan biaya lebih besar. Kamu juga akan mendapatkan layanan ganti oli secara Cuma-Cuma. Layanan servis gratis dari pihak dealer biasanya memberikan kualitas layanan yang baik dengan mekanik bersertifikat resmi.

5.       Efisiensi Bahan Bakar

Mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan mesin yang hemat bahan bakar. Mobil bekas atau mobil lama banyak yang belum menggunakan teknologi ini. Mobil baru seperti Honda mobilio bahkan bisa mencapai 31 km per 1 liter saat dipacu di jalan perkotaan. Membeli mobil baru berarti membeli jaminan pula untuk efisiensi bahan bakarnya.

6.       Kepuasan Kualitas

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, mobil baru akan jauh lebih berkualitas karena baru keluar dari dealer dan belum disentuh siapapun. Sehingga, kualitas mobil secara keseluruhan terasa lebih prima dengan tampilan sangat gemerlap. Jika kamu membutuhkan kepuasan semacam ini, membeli mobil baru adalah sebuah pilihan tepat. Kamu bisa memilih pembayaran secara cash maupun kredit.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas

Mobil bekas juga cukup banyak peminatnya di pasaran. Apalagi jika kamu minim budget tapi ingin segera membeli mobil secara cash, maka opsi membeli mobil bekas adalah pilihan terbaik. Kebanyakan orang beranggapan bahwa jika mobil sudah mencapai 100.000 km, maka harus segera diganti yang baru. Padahal mobil keluaran terbaru masih bisa tetap prima meski jarak tempuhnya sudah 200.000 km.

Kondisi dan ketahanan kendaraan bergantung pada perawatannya. Bahkan jika jarak tempuh sudah melebihi 500.000 km, mobil akan tetap prima jika kamu merawatnya dengan rutin. Kondisi mesin dan interior eksterior yang terawatt juga memungkinkan harga jual kembali mobil lebih tinggi. Jadi jika satu hari kamu ingin menjual mobil lamamu untuk membeli mobil baru, harga bekasnya tidak akan terlalu turun.

Jika saat ini kamu berminat membeli mobil bekas, berikut ini sejumlah keuntungan yang bisa kamu nikmati.

1.       Harga Mobil Lebih Murah

Mobil biasanya mengalami depresiasi/penyusutan. Dari tahun ke tahun harganya turun. Sehingga jika kamu merasa bahwa budgetmu terbatas, membeli mobil bekas bisa jadi pilihan tepat. Harganya bisa 2 kali lebih murah disbanding membeli mobil baru.

2.       Biaya Depresiasi Lebih Lambat

Depresiasi atau penyusutan terjadi pada baik mobil baru maupun mobil bekas. Berita baiknya, depresiasi terjadi lebih lambat pada mobil bekas. Rata-rata mobil mengalami depresiasi sebesar 15% setiap tahunnya, tergantung merk dan jenis mobil itu sendiri. Namun mobil bekas cenderung lebih lambat mengalami depresiasi. Kamu bisa mempertimbangkan membeli mobil bekas yang sudah berusia lebih dari 5 tahun untuk mendapatkan harga terbaik dengan kondisi mesin yang masih prima.

3.       Terdapat Beragam Tipe, Varian, Harga Serta Tahun Produksi

Mobil bekas menawarkan lebih banyak pilihan di pasaran dari segi tipe, varian, serta tahun produksi. Karena faktor-faktor tersebut, harganya pun tentu akan bervariasi. Sehingga kamu bisa dengan mudah menyesuaikan budget dengan tahun dan kondisi mobil yang bisa kamu miliki. Misalnya kamu hanya punya budget 80 juta. Kamu bisa dapat Toyota Avanza tahun 2015 misalnya. Semakin muda tahunnya biasanya harga mobil semakin mahal.

Jadi Mana yang Lebih Menguntungkan, Beli Mobil Baru Atau Mobil Bekas?

Membeli mobil baru maupun mobil bekas sama-sama memberi keuntungan. Hal ini tergantung pada pilihan kamu sendiri. Mobil bekas biasanya sudah tersedia STNK dan BPKB, sehingga proses penerimaan dokumen kendaraan lebih cepat dan mudah. Berbeda dengan mobil baru yang beberapa dokumen harus diurus terlebih dahulu. Tapi perlu dipertimbangkan juga biaya balik nama mobil jika kamu membeli mobil bekas.

Dari segi harga, mobil bekas juga jauh lebih murah. Kamu akan terhindar dari penyusutan yang bisa mencapai 20% per tahunnya. Penyusutan mobil bekas terjadi lebih lambat. Tapi dari segi kepuasan, mobil baru tentu lebih memuaskan karena semua komponennya masih terasa sangat prima. Namun tidak menutup kemungkinan juga kamu mendapatkan mobil bekas rasa mobil baru jika pemilik sebelumnya pandai merawat mobil.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa pembiayaan, bunga yang diterapkan untuk mobil bekas biasanya lebih rendah dibanding mobil baru. Sehingga, biaya cicilan bulanannya jauh lebih rendah dibanding jika kamu membeli mobil baru.

Nah setelah membaca artikel ini, bagaimana menurutmu? Lebih baik membeli mobil baru atau mobil bekas ya?

 

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock