Advertisment
MotorOtomotif

Nostalgia Honda NSR 150 series Si Legenda 2 Tak Dari Honda

Advertisement

Di Indonesia, sepeda motor Honda selalu dikenali sebagai motor 4 tidak yang hemat bahan bakar dan gampang perawatannya. Tetapi di tahun 1994, Honda pernah keluarkan motor yang tidak biasa. Bila umumnya semua motor Honda yang datang di sini menggunakan mesin 4 cara, tetapi saat itu Federasi Motor sebagai ATPM motor Honda malah mendatangkan sport bike 150cc dengan mesin 2 cara dengan tehnologi yang terlampau hebat di saat itu. Sport bike itu dinamakan Honda NSR 150R dan di-import langsung dari Thailand.

Ada banyak variasi Honda NSR bermesin 150cc yang masuk ke Indonesia. Pada umumnya mesin yang dipakai sama, yakni mesin 1 silinder 2 cara dengan pendingin udara dan power valve sistem yang dinamakan Honda RC Valve. Untuk transmisi daya mesin ke ban dipakai gearbox manual 6 pemercepatan. Tenaga yang dibuat berlainan setiap variasinya karena sesuaikan watak motor keseluruhnya dan mesinnya tersebut. Tenaga paling kecil dicapai oleh NSR 150R dengan 31Hp pada 10500Rpm dan torsi 27Nm pada 10000Rpm. Terbesar, dicapai oleh NSR 150SP dengan 39,5Hp pada 10500Rpm dan torsi 27Nm pada 10000Rpm.

Pertama kalinya ada pada tengah tahun 1994, motor ini segera mengundang perhatian biker Indonesia karena tidak pernah awalnya Honda jual motor 2 tidak di Indonesia. Motor ini dihadirkan langsung dari Thailand dan jadi sepeda motor pada harga paling mahal pada lineup Honda waktu itu. Di saat itu, Honda Tiger yang telah dirasakan mahal pada harga enam juta rupiah rupanya belum berapa dibanding Honda NSR 150R yang dipasarkan sembilan juta rupiah. Harga NSR 150R dapat mahal karena motor ini masuk secara CBU yang automatis langsung dikenai bea masuk sejumlah 300% dari harga dasar.Karena jumlahnya keinginan, Honda pada akhirnya membuat motor ini tidak lama sesudahnya. Warna yang terkenal di saat itu ialah hijau tua dan ungu.

Design motor ini masih kelihatan kecil dan kurang gagah karena di bagian fairingnya yang ramping cuma ada sebuah lampu khusus kotak dan sisi belakangnya kelihatan benar-benar kotak. Suspensi belakangnya telah memakai shockbreaker tunggal dengan arm kotak. Velg yang dipakai memakai velg jari-jari dengan rem cakram di bagian depan dan belakang. Mode ini ada s/d tahun 1997 dengan nilai jual di saat itu 12 juta rupiah.

Sesudah produksinya disetop karena kritis moneter yang menerpa Indonesia di tahun 1997 dan 1998, Honda kembali mengenalkan variasi terkini Honda NSR bernama Honda NSR 150RR. Motor ini masuk ke Indonesia secara CBU di tahun 2000. Sebetulnya, di Thailand sendiri motor ini sebagai barang tersisa produksi yang tidak bisa dipasarkan karena tidak penuhi standard emisi gas buang yang berada di sana. Oleh Astra Honda Motor sebagai ATPM Honda di Indonesia, motor ini selanjutnya dipasarkan kepasar motor Indonesia karena ketentuan emisi gas buang yang tidak begitu ketat. Karena berikut motor ini memiliki nama lain Honda NSR 150RR Astra.

Jauh berbeda dengan Honda NSR 150R yang lebih ramping, NSR Astra sekarang lebih berisi dan gagah dengan body yang lebih aktif dan lampu khusus double berwujud bundar. Sekilas, design motor ini serupa dengan Honda CBR250RR MC22 yang ditawarkan di Jepang dan Australia. Di bagian velgnya, sekarang telah memakai cast wheel dengan 6 palang. Motor ini masuk ke Indonesia sekitar 1600 unit dan waktu itu dipasarkan pada harga 30 juta rupiah sampai tahun 2001.

Sekarang komunitas Honda NSR telah makin jarang-jarang ditemui di jalanan. Ini karena perawatannya yang termasuk mahal karena tehnologi yang dibawanya. RC Valve yang disebut kelebihan khusus motor ini yang semestinya bisa atur tenaga optimum ditiap perputaran mesinnya dan hasilkan tenaga yang rata ditiap RPM jika hancur akan berpengaruh pada tenaga motor yang turun mencolok. Kekurangan RC Valve ini selainnya bisa turunkan tenaga motor jika hancur ongkos untuk menukarnya akan mahal karena harus import di luar negeri.

Model, speed dan handling yang paling diprioritaskan saat menentukan sport bike seperti NSR150SP ini terakomodir semua pada sebuah motor. Walau cuma datang dalam saat yang singkat dan nilai jualnya yang paling mahal, motor ini selalu jadi sasaran biker di Indonesia. Tidak cuma unit utuhnya, part eksotik seperti karburator dan Pro Arm NSR 150SP masih jadi sasaran khusus untuk modifikasi. Karena berikut, tidaklah aneh jika sebuah Honda NSR150SP dengan keadaan spesial harga dapat capai 40 juta rupiah.

Spesifikasi Honda NSR150R ini adalah sebagai berikut:

Jenis Sport, Sepeda Motor
Tipe NSR150
Mesin 2 tak 1 silinder 149cc crankcase reed valve induction
Bore X Stroke 59.0 X 54.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 6 Speed
Wheelbase 1.330 mm
Panjang 1.985 mm
Lebar 675 mm
Tinggi 1.050 mm

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock