Advertisment
MobilOtomotif

Review DFSK Gelora, Pelopor Mobil Listrik Komersil Murah di Indonesia

Advertisement

Apakah saat ini kamu sedang mencari kendaraan niaga untuk keperluan usahamu? Kamu perlu mempertimbangkan DFSK Gelora sebagai mobil niaga yang lincah dan modern. DFSK Niaga memang masih terdengar asing di telinga konsumen Indonesia, namun mobil satu ini sangat direkomendasikan mengingat ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan.

Ada banyak pilihan mobil komersil di tanah air. Salah satu yang bisa jadi pertimbanganmu adalah DFSK Gelora, mobil listrik komersil pertama di Indonesia. Di artikel ini akan kami bahas Review DFSK Gelora lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Simak sampai akhir ya!

Sekilas Tentang DFSK Gelora

Related Articles

DFSK Gelora merupakan mobil niaga dengan segmentasi mobil komersil yang menyasar pasar kelas menengah. Pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) pada bulan Maret 2020, DFSK Gelora diklaim sebagai pelopor mobil listrik komersil di Indonesia.

DFSK Gelora menawarkan dua pilihan model, di antaranya kendaraan kargo dengan bensin biasa (bahan bakar fosil) dan kendaraan kargo dengan varian Battery Electric Vehicle (BEV/Full Listrik). Menurut perusahaan DFSK, hal ini merupakan bagian edukasi berkesinambungan tentang elektrifikasi mobilitas.

Kita memasuki zaman dimana mobil listrik mulai dilirik di seluruh dunia. Namun, hal ini belum optimal di Indonesia. Sehingga perusahaan berharap melalui DFSK gelora, proses edukasi ini bisa lebih optimal kepada seluruh segmen masyarakat.

“Tekad pemerintah untuk promosi elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia,” ucap Alexander Barus selaku CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK).

DFSK Gelora diharapkan menjadi sejarah sebagai kendaraan komersil pertama di tanah air yang ditenagai listrik. Jika kamu sangat tertarik dengan mobil listrik dan butuh kendaraan niaga, DFSK Gelora wajib kamu pertimbangkan.

Harga dan Tipe DFSK Gelora

Untuk urusan harga, DFSK Gelora menawarkan harga yang sangat merakyat. Mobil pabrikan Cina ini dibanderol dengan harga bervariasi sesuai dengan tipenya.

Pertama, untuk tipe MB, harga yang dibanderol berkisar 185 hingga 189 juta rupiah. Sedangkan, untuk tipe BV, harganya berkisar 175 hingga 179 juta rupiah. Berikutnya, ada DFSK Gelora E yang dibanderol dengan harga cukup fantastis yakni berkisar 489 hingga 499 juta rupiah untuk tipe MB. DFSK Gelora E tipe  BV dibanderol dengan kisaran harga 469 hingga 479 juta rupiah.

Harga di atas sudah termasuk bea cukai. Juga, belum terkandung pajang untuk barang mewah. Namun apakah harga yang dibanderol ini sesuai dengan fitur dan desain yang ditawarkan? Berikut ini ulasannya.

Fitur Keamanan DFSK Gelora

Untuk urusan keamanan, DFSK Gelora E mengadopsi beberapa langkah perlindungan yang cukup canggih dan modern. Terdapat perlindungan isolasi, perlindungan tahan debu dan air (hingga standar IP67), perlindungan tegangan tinggi, dan lain-lain.

Mengingat DFSK Gelora E merupakan mobil dengan tenaga listrik, terdapat juga sistem perlindungan baterai yang sangat ketat. Sehingga, keamanan lithium saat berada dalam suatu kondisi ekstrim sangatlah terjamin. Terdapat juga sistem keamanan ABS dan EBD, yang memungkinkan para penumpang kabin bisa menikmati perjalanan tanpa perlu merasa khawatir.

DFSK Gelora memulai riset kendaraan energi terbarukan pada tahun 2003 di Amerika Serikat, tepatnya di Silicon Valley. Pusat riset dan pengembangan ini (R&D) memiliki skala global. Sehingga, perusahaan mengklaim bahwa DFSK Gelora E merupakan mobil listrik dengan fitur-fitur canggih dan menerapkan teknologi utama, termasuk urusan keamanan.

Eksterior DFSK Gelora

Hadir dengan model yang matang, DFSK Gelora saat ini sudah melakukan produksi masal untuk penjualan secara global. Tercatat telah terjual lebih dari 30.000 unit di seluruh dunia, hal ini membuktikan DFSK Gelora mampu  menjawab kebutuhan pasar tentang mobil komersil yang canggih untuk berbagai kebutuhan seperti penyelamatan medis, transportasi umum, logistik, dan banyak lagi.

Di sektor desain eksterior, DFSK gelora memiliki bodi yang cukup lebar namun tampak kokoh. Panjangnya yaitu 4.500 mm, dengan lebar 1.680 mm dan tinggi 2.000 mm. Dari luar saja sudah bisa dibayangkan mobil satu ini memiliki kabin yang luas.

Namun untuk urusan desain eksterior, seperti halnya mobil komersil kebanyakan, DFSK Gelora memang tidak didesain rumit dan sporty. Desainnya cukup simple dengan kontur depan agak kotak. Terdapat Grille depan yang minimalis, dengan pintu di bagian samping dengan tipe geser (sliding door). Pintu geser dipilih karena akan memudahkan keluar masuk barang.

DFSK gelora adalah model minibus dengan kapasitas hingga 11 penumpang. Mobil ini bisa kamu atur sesuai kebutuhan, baik itu mobil barang atau mobil travel. Terdapat juga model blind van, dengan kabin 2,63 m dan total luas 4,8 meter persegi yang cocok dipilih sebagai kendaraan logistik untuk menunjang usahamu.

Mesin DFSK Gelora

Bagaimana untuk urusan mesin? DFSK Gelora dibekali dengan mesin bervolume 1,5 liter DVVT dengan teknologi canggih sesuai standar emisi Euro 4. Mesin ini mampu mengasilkan output 80 Kw (109 daya kuda) pada torsi maksimum 148 Nm.

Sedangkan, untuk DFSK Gelora E, mobil lebih bebas emisi, senyap, dan cocok digunakan sebagai kendaraan wisata. Hal ini membuat Gelora E lebih hemat energi sebesar 48 persen. Hal ini membuat DFSK Gelora E cocok digunakan sebagai mobil komersil untuk berbagai bidang, mulai bidang transportasi umum hingga logistik perkotaan.

DFSK Gelora E juga diklaim memiliki konsumsi daya yang hemat, yaitu hanya 0,145 kWh per kilometer atau setara dengan Rp 239 per kilometer. Konsumsi ini jauh lebih irit dibanding model serupa. Jika menggunakan bensin atau bahan bakar fosil, konsumsi dayanya sekitar 16,5 km/liter.

Menariknya lagi, Gelora E didukung juga dengan pengisian baterai fast charging. Untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Jarak tempuh berkendara konon bisa mencapai hingga 300 kilometer.

Interior DFSK Gelora

Dikarenakan DFSK gelora merupakan mobil komersi dengan kabin yang luas, sudah barang tentu bagian interiornya pun didesain sederhana tanpa embel-embel berarti. Namun, kamu akan cukup bergembira dengan jok DFSK gelora yang cukup nyaman dan dilapisi kulit. Terdapat juga fitur electronic Multi Tripmeter di dalamnya.

Informasi Tambahan DFSK Gelora

DFSK Gelora merupakan mobil tipe minimus yang dihadirkan dalam berbagai format. Sebagai pilihan mobil komersil untuk berbagai kebutuhan, DFSK Gelora cukup memuaskan dari segi interior, eksterior maupun mesin. Harga yang dibanderol pun masih terbilang wajar.

Beberapa model yang disediakan antara lain model blind van untuk digunakan sebagai kendaraan logistik, hingga mobil penumpang dengan 11 jok yang berlapis kulit, cocok digunakan sebagai mobil travel juga. DFSK Gelora menjadi pesaing bagi Daihatsu Gran Max MB yang sudah bertahun-tahun rilis di Indonesia dan menjadi opsi kendaraan niaga populer.

DFSK Gelora E sangatlah unik mengingat baru pertama kalinya di Indonesia ada mobil minibus yang ditenagai listrik. Mobil satu ini juga memiliki fitur terdepan seperti Airbag Penumpang Depan, Kantong Udara Pengemudi, Sensor Parkir dan Pengingat Pintu Terbuka, Child Safety Lock, hingga Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman. Terdapat juga fitur kenyamanan seperti Air Quality Control, Power Window Depan, Ventilasi AC Belakang, Glove Box dengan Pendingin dan banyak lagi. Bagaimana, tertarik memilikinya?

 

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock