Advertisment
MotorOtomotif

Review Honda Monkey 2022, Hadir Dengan Mesin 5 Speed

Advertisement

Sepeda Monkey 5 speed mulai diluncurkan Honda yang menyasar para pecinta sepeda motor unik. Dilengkapi dengan teknologi terkini yang canggih dan desain yang unik, Honda ingin memberikan sensasi berkendara yang berbeda kepada para pengguna Honda Monkey. Dari segi visual saja sudah sangat kentara mengusung konsep vintage modern, terbukti dengan bertahannya karakteristik utama Honda Monkey sejak generasi pertama. Hal yang paling menonjol dari unsur desain adalah keberadaan siluet trapesium menonjol dengan ukuran bodinya yang compact.

Para pecinta motor klasik amat sangat dimanjakan dengan Honda Monkey yang baru-baru ini dirilis PT Astra Motor. Pasalnya, tak hanya dari segi desain yang memuaskan, dari segi mesin juga Honda Monkey mengusung 5 speed teknologi dengan kapasitas mesin 125 cc. terdapat tiga pilihan warna yang kini beredar di pasaran, yakni Pearl Nebula Red, Banana Yellow, dan Pearl Shinning Black. Mana nih yang jadi favorit kamu?

Harga Honda Monkey 2022

Banyak orang merasa khawatir jika Honda Monkey terbaru dibanderol dengan harga fantastis mengingat terjadi sejumlah perubahan signifikan terutama pada unsur mesin. Honda Monkey 2022 menggunakan mesin 5 speed yang tentunya lebih bisa diandalkan dalam urusan performa, dan tangguh untuk melibas berbagai varian medan.

Dikutip dari pernyataan pihak PT Astra Honda Motor (AHM), Honda Monkey 2022 dijual dengan harga mulai 79 jutaan saja (on the road). Dibandingkan dengan model terdahulunya yang dibanderol dengan harga 78 jutaan, kenaikan yang terjadi adalah sekitar 650 ribuan saja. Hal ini tentu jadi berita baik pasalnya dengan perubahan yang berarti harga yang dibanderol tidak mengalami kenaikan signifikan.

Review Honda Monkey 2022

Jika saat ini kamu tertarik untuk memboyong motor dengan visual unik dan performa mesin yang andal, rasa-rasanya tidak berlebihan jika kami merekomendasikan Honda Monkey 2022. Secara tampilan saja kendaraan satu ini sudah mencuri perhatian. Sebelum memantapkan hati untuk membeli motor satu ini, simak baik-baik ulasannya di bawah ini ya!

Tampilan Baru Honda Monkey 2022

Honda Monkey 2022 pertama kali muncul di Thailand. Masih mengusung konsep yang sama dengan generasi terdahulunya, secara desain sebenarnya tidak mengalami terlalu banyak perubahan. Siluet trapesium dan bodi yang compact menjadi karakter utamanya sejak kemunculan pertamanya. Bobotnya pun tidak berubah masih di kisaran 107 kg. Skema perubahan dari segi visual terjadi pada tangki bensin.

Tak hanya dari segi desain, dari segi warna pun terjadi sejumlah perubahan. Jika di versi terdahulunya terdapat opsi warna putih, kini opsi ini diganti dengan warna abu metalik yang lebih macho. Terdapat juga opsi warna hitam di versi lama yang kini berganti menjadi abu dengan tone gelap. Penggunaan warna gelap dan legam ini juga digunakan untuk bagian rangka dan swing arm. Honda Monkey versi lama menggunakan semprotan warna kuning dan merah, kini area berwarna cerah itu sudah sepenuhnya berwarna hitam legam.

Hal yang sama juga terjadi pada bagial velg. Terjadi perubahan tampilan khususnya pada penggunaan warna. Untuk lingkar rodanya sendiri tidak mengalami perubahan, namun velg Honda Monkey 2022 kini dikelir menjadi lebih gelap.

Gendong Mesin 5 Speed

Hal yang cukup menonjol dari Honda Monkey 2022 adalah pada bagian mesinnya. Honda Monkey 2022 menggunakan mesin 5 speed yang pada versi sebelumnya dirancang dengan transmisi 4 speed (4 percepatan). Dengan mesin yang baru, diharapkan Honda Monkey 2022 juga bisa memberikan performa lebih baik saat digunakan.

Adapun mesin yang digunakan oleh Honda Monkey 2022 adalah hasil adaptasi dari Honda Grom 2021 dengan racikan serupa Honda Grom. Mesin ditenagai oleh injeksi 125 cc dengan bore x stroke serta rasio kompresi masing masing 50 x 63,1 mm dengan perbandingan 10:1. Terdapat transmisi 5 speed yang mampu menghasilkan output hingga 9,78 PS pada 7.250 rpm, torsi 10,5 Nm. Hal ini cukup jauh berbeda dengan versi terdahulu yang menggunakan rancangan diameter dengan transmisi 4 speed.

Dari segi fitur sayangnya tak ditemukan banyak perubahan signifikan. Namun untuk memuaskan para pecintanya, pihak produsen menyematkan teknologi baru bernama Internal Measurement Unit (IMU), sebuah teknologi yang tak ditemukan di versi lawas. Fitur ini berfungsi saat terjadi pengereman mendadak, sehingga bagian belakang motor tidak akan terangkat. Juga terdapat fitur pengereman ABS (Antilock Braking System).

Menggunakan Sistem Penerangan LED

Honda Monkey 2022 tetap mempertahankan sejumlah fitur penting untuk keamanan maupun penerangan. Penerangan menggunakan LED dengan panel meter full digital. Terdapat juga kunci yang menggunakan remote anti theft. Fitur anti maling ini sangat bermanfaat dan bisa bekerja dengan cara berbunyi manakala ada orang yang usil dengan kendaraan kita.

Terdapat juga kunci wave pattern dengan logo old swing, lengkap dengan fitur answer back system yang sangat bermanfaat buat kamu yang pelupa. Kamu jadi tak kesulitan lagi menemukan posisi motor jika lupa posisi memarkirnya. Hal ini menjadikan Honda Monkey 2022 tetap layak dibeli mengingat fitur dan visual yang ditawarkannya sesuai dengan harga.

Didesain khusus dengan lekuk bodi yang sporty dan simple, namun tetap modern, setiap unsur yang disematkan di Honda Monkey 2022 terasa sangat ikonik. Kini hadir dengan polesan bodi yang lebih legam, semakin memberi penyegaran visual pada para penggemarnya.

Menggunakan Digital Panel Meter Honda Terbaru

Di bagian digital panel meter, Honda Monkey menggunakan teknologi yang modern dan masih mengusung visual ikoniknya. Panel meternya berbentuk bulat dengan full LCD, dengan speedometer yang akan berkedip saat mesin dinyalakan. Di bagian panel ini terdapat berbagai informasi termasuk 6 bar indikator bensin dan dua trip meter.

Terdapat juga inverted front suspension depan yang didesain dengan warna yang sama dengan bagian belakangnya, juga memiliki axle travel dengan panjang 104 mm. Di fitur pengereman, Honda Monkey terbaru juga memiliki double disk brake dan rem ABS yang mampu menambah kesam stylish dan sporty.

12 Inch Tire Diamater Ban

Yang tak kalah menarik dari Honda Monkey 2022 adalah di bagian ban. Masih mengusung ban dengan model dan ukuran yang sama, Honda Monkey 2022 masih tetap dengan 12 inch tire diameter ban dengan pila block untuk memberikan kesan berkendara yang nyaman dan kokoh.

Ban berukuran 120/80 dirasa seimbang dengan bodi motor yang compact. Sedangkan untuk ban belakangnya menggunakan ban berukuran 130/80. Kendaraan satu ini akan nyaman dipacu di jalan perkotaan maupun pinggiran kota. Dengan desainnya yang ikonik, kamu pasti akan percaya diri memacunya di jalanan.

Pertama kali diperkenalkan di Thailand, Honda Monkey 2022 juga diharapkan bisa memuaskan hasrat pecinta motor unik di tanah air. Dengan sejumlah perubahan yang dilakukan, harga terbarunya dirasa sangat layak dan sesuai. Hanya menambah 600 ribuan saja kamu sudah bisa memacu motor 5 speed dengan visual yang unik dan fitur yang mumpuni. Bagaimana, apa kamu tertarik?

 

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock