Advertisment
MotorOtomotif

Tips Merawat Motor Tua, Classic Atau Motor Old (Motor CB)

Advertisement

Hallo CB Lovers, gman beritanya?? mudah-mudahan motornya masih tetap sehat meskipun dibawa mudik sepanjang liburan lebaran tempo hari. Ini kali kiagengmotor.com akan mengulas mengenai bagaimanakah cara dalam menjaga motor classic/unik terutamanya Motor CB.

Perawatan motor unik pada intinya tidak begitu susah, hampir sama sama yang lebih kekinian. Banyak tutorial yang bisa kita pakai dalam seperti dari internet, artikel pada media bikin adatu menanyakan langsung pada rekan-rekan di komune motor unik. Namun kita perlu lebih waspada dalam merwat motor unik karena selainnya dari factor umur motor tersebut, banyak beberapa bagian dari motor unik yang telah sangat jarang bahkan juga tidak berada di pasaran dan hal tersebut yang mewajibkan kita untuk memberikan perawatan extra.

Berikut langkah menjaga motor unik kecintaan anda:

 

Ban

Di atas, ban sepeda motor classic kemungkinan kelihatan baik saja. Tetapi, karena umurnya telah termasuk uzur, ban harus tetap dilihat. Ban yang telah lama ini tidak bisa mencengkeram kuat khususnya di jalanan basah. Bukalah ban untuk pastikan kondisinya sambil bersihkan sisi dalam ban. Jika ban telah cedera pada bagian yang bersinggungan dengan velg atau berkarat, sebaiknya anda menukar ban itu.

Bearing setir

Check setir dengan menggerakannya seringkali. Rasakan dengan cermat gerakan bearingnya. Bila setir tidak bergerak mulus, Teman perlu menukar bearing sama yang baru. Untuk bearing perlu dilaksanakan pergantian teratur, umumnya 5 tahun sekali.

Rantai dan gear

Pemberian pelumas khusus untuk rantai dan gear bisa menghabat berlangsungnya pengikisan pada rantai motor unik Teman. Kemelut rantai penting diingat. Yakinkan kemelutnya selaras ataukah cocok. Perawatan dan pengujian ini dilaksanakan secara periodik walau motor Teman sekaligus jarang-jarang dipakai.

Rem

Check ketebalan sepatu (kampas rem). Kabel yang tersambung ke rem harus juga dicheck. Teratur memebersihkan dan menukar selekasnya jika ada elemen yang hancur karena rem ialah nyawa Teman di jalan misalnya saat turing. Minyak rem seabiknya ditukar sekurang-kurangnya dua – 3 tahun sekali.

Garpu depan dan setang

Dua elemen ini selalu harus pada kondisi sempurna, tersambung secara baik. Membersihkan dan berikan pelumas secara periodik. Untuk sepeda motor unik, Teman bisa memberikan perawatan ini pada orang teknisi yang handal dalam tangani motor unik dan melakukan perawatan ini minimum 2 tahun sekali.

Body dan fairing

Lakukan perawatan body dan fairing secara periodik dan cermat. Cermat yang diartikan di sisni ialah bersihkan semua sisi motor sampai ke sela-selah dan sisi paling kecil. Seharusnya lakukan pencucian cuma jika motor pada kondisi benar-benar kotor. Ini dilaksanakan untuk menghindar terendapnya air di sejumlah sisi motor, khususnya motor unik yang jarang-jarang dipankai. Untuk perawatan teratur, Teman perlu bersihkan dengan pencuci khusus baik pada bagian logam atau plastik. Sisi plastik memakai pencuci khusus untuk permukaan plastik begitupun untuk permukaan logam dan krom bisa memakai pencuci seperti metal polish memakai lap kain yang lembut. Dan pada bagian yang susah dicapai bisa memakai kuas atau sikat gigi sisa dengan sedikit minyak goreng.

Demikian langkah menjaga motor unik (Motor CB) yang bisa saya bagi ke sedulur semua mudah-mudahan berguna dan bisa menambahkan pengetahuan Anda.

Advertisement
Show More
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Adblock